Rabu, 17 April 2013

Analisa Survey

Selamat malam semuanya. Pada tanggal 27-28 Maret 2013 saya telah membuat sebuat sebuah survey dan mempostingnya pada tanggal 29 Maret 2013 lalu. Tema atau topik survey yang saya buat ialah “Apakah Anda Penghuni Dunia Maya Yang Lupa Akan Dunia Nyata ?”. Berikut adalah hasil dari survey yang telah saya lakukan yang diikuti oleh 54 orang.


1.







Dalam pertanyaan tentang “Apa yang anda lakukan di dunia maya?” di atas,  yang paling banyak dilakukan ialah mengakses jejaring social yaitu sebanyak 43 orang, kemudian browsing yang berjumlah 42 orang. Dalam hal ini, banyaknya pengguna jejaring sosial mungkin dikarenakan oleh sudah tidak asing lagi jejaring sosial saat ini, bahkan mungkin sudah menjadi kebutuhan. Dan browsing yang menjadi kebutuhan utama juga untuk para mahasiswa khususnya mahasiswa TI.
 


2.







Dalam pertanyaan “Berapa waktu yang anda habiskan untuk hal itu?” di atas, banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam sehari, dan terbanyak kedua ialah berkisar antara 2 sampai 4 jam.
 


3.






Dalam pertanyaan “Apa yang anda lakukan ketika anda sendirian dirumah?” di atas, banyak dari mahasiswa TI yang mengikuti survey ini yang lebih memilih melakukan kegiatan yang menggunakan akses internet seperti browsing, akses jejaring sosial, download, main game dan lain-lain.
 


4.






Sesuai gambar yang di atas, banyak yang merasa tidak terganggu atau kegiatannya terhenti disaat orang tua/orang lain menyuruh melakukan sesuatu, yang berarti mereka tidak terlalu fokus atau berlebihan disaat ada yang menyuruh mereka. Meskipun begitu masih ada orang yang kesal jika kegiatan mereka tersebut harus terhenti/diganggu.


5.







Sesuai gambar di atas, banyak yang terkadang lupa untuk mandi atau makan dikarenakan mereka menikmati kegiatan mereka di dunia maya tersebut. Tetapi cukup banyak juga yang bisa mengontrol waktu mereka dan terbukti dari sekitar 31% orang tidak lupa untuk mandi atau makan. Meskipun begitu, ada juga yang dapat lupa untuk makan atau mandi disaat mereka sedang mengakses internet atau berada di dunia maya tersebut.


6.







Dari gambar di atas, menunjukan bahwa 26 orang merasa bahwa dirinya tidak suntuk atau tidak bermasalah jika tidak bisa melakukan kegiatan yang berhungan dengan internet atau dunia maya. Tetapi setengah darinya merasa sangat suntuk jika tidak dapat melakukan kegiatan tersebut
.


7.





Dari gambar di atas
, menunjukan bahwa lebih dari 70% orang yang menghabiskan banyak waktu dari kegiatan berinternet dan mereka menyadari hal itu, dan tetap mereka lakukan kembali.


Kesimpulan :
            Banyak dari mahasiswa TI yang lupa akan dunia nyata dan terbawa suasana di dunia maya, hal ini dapat terlihat dari banyaknya mahasiswa yang menggunakan fasilitas internet. Banyak yang menghabiskan waktu mereka lebih dari 4 jam untuk mengakses internet dan fasilitas yang ada didalamnya. Terlihat juga ketika mereka sendiri dirumah, mereka lebih memilih untuk menggunakan fasilitas internet dari pada kumpul dengan teman-temannya atau yang lainnya. Cukup banyak yang suntuk ketika tidak bisa melakukan kegiatan tersebut meskipun lebih banyak yang menjawak tidak terlalu. Banyaknya mahasiswa yang menyadari bahwa mereka telah menghabiskan banyak waktu dalam mengakses internet tetapi tetap mereka lakukan yang mungkin dikarenakan hal itu sudah menjadi kebutuhan mereka untuk menggunakan fasilitas internet/mengakses dunia maya. Meskipun ada beberapa survey yang menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu merasa terganggu atau kesal disaat ada yang mengganggu kegiatan mereka itu dan kadang-kadang lupa untuk mandi/makan ketika sedang menikmati berada di dunia maya tersebut.

Testimony :
Ketika mendapatkan tugas untuk membuat sebuat survey, saya merasa sedikit bingung dan bimbang dalam menentukan ide/judul dari survey yang akan saya buat. Seiring waktu, saya pun telah menetapkan judul/tema dari survey yang saya buat. Dalam hari pertama saya mencoba mengirimkan link dari survey yang telah saya buat dan cukup banyak kawan-kawan saya yang berpartisipasi dalam survey ini, dan semakin meningkat jumlahnya pada hari kedua. Ketika saya melihat hasil surveynya, sekilas saya menyimpulkan bahwa banyak dari mahasiswa TI yang mengikuti survey ini merupakan seseorang yang lupa akan dunia nyata, yang lebih memilih untuk berkomunikasi dan mengisi waktu luang mereka dengan mengakses internet. Setelah penilaian sekilas saya, tidak lama kemudia saya mempostkan hasil analisanya ke dalam blog dan email dosen Psikologi kami, tetapi terdapat kesalah dalam mengerjakan tugas ini dan kemudian saya mendapat arahan tentang tugas yang diberikan ini, lalu saat inilah saya menyusun kembali tugas yang diberikan dan berupaya untuk menyelesaikannya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh dosen kami.

Sekian dari saya, semoga surveyer yang mengikuti survey ini dapat mengetahui bagaimana dirinya tersebut dan apa yang perlu mereka perbaiki lagi, Trimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar